Perfect World Online Spear Thingy
Posted by : Unknown Selasa, 10 November 2015



Pengaruh MEA Terhadap Pertanian Terutama di bidang HPT
 

Negara Indonesia merupakan  negara maritim yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Pertumbuhan Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. hingga pada tahun 2012  pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,2 persen. Negara Indonesia termasuk  salah satu anggota ASEAN.
ASEAN merupakan suatu organisasi perkumpulan bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Pada tahun 2015, ASEAN merencanakan penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). untuk menjaga stabilitas politik  dan keamanan regional ASEAN, meningkatkan daya saing kawasan secara keseluruhan di pasar dunia, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.  Dengan adanya  MEA tersebut, maka akan tercipta suatu pasar besar  kawasan ASEAN yang akan berdampak besar terhadap perekonomian negara terutama negara kita. Banyak dampak positif dari adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN namun di lain pihak berbagai tantangan akan di hadapi indonesia pada tahun 2015 nanti mulai dari tantangan tentang perekonomian indonesia hingga sejumlah masalah seperti pengaruh MEA terhadap kearifan lokal bangsa Indonesia serta ketahanan ekonomi Indonesia.

Salah satu cara bagi bangsa Indonesia untuk menghadapi MEA adalah dengan mengantisipasi melalui optimalisasi pengembangan sumber daya alam yang akan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat nasional maupun regional, memanfaatkan lahan yang ada dengan kondisi iklim yang mendukung dengan  berbagai tanaman yang dibutuhkan masyarakat dan tidak terlalu berorientasi ekspor. Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat menjadi kekuatan untuk menghadapi serangan produk luar masuk.  Mekanisme pasar domestik akan mampu menghidupkan dan memperkuat kondisi ekonomi dalam negeri, kultur dan budaya yang konsumtif merupakan anugrah yang perlu disyukuri karena kebutuhan untuk meningkatkan daya beli akan timbul dan merupakan dorongan alami  dari masyarakat dan menjadi kekuatan pasar domestik.

Tujuan dari pemerintah itu sendiri adalah memakmurkan masyarakat dengan  kekuatan potensi yang ada yang bersumber dari alam negeri kita sendiri, karena kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang intens dibutuhkan masyarakat dan itu bukan kendaraan atau jenis industri lainnya, tetapi pangan hasil pertanian sebagai kekuatan untuk memenuhi kelangsungan hidup yang paling mendasar. Pasar pangan mayoritas ada di dalam negeri, sehingga ketahanan pangan dengan pola pengembangan pertanian sangat diperlukan dengan cara memanfaatkan lahan tidur. Dengan ditingkatkannya kemakmuran rakyat maka kemungkinan untuk Indonesia dapat sukses di MEA akan menjadi semakin besar.

Di sisi lain, dengan kapasitas ekonomi dan sumberdaya yang dimiliki saat ini, Indonesia berpotensi mampu memanfaatkan masyarakat ekonomi ASEAN tersebut dengan hasil pertanian yang ada di Indonesia. Terkait dengan hal tersebut, Indonesia perlu mempersiapkan sektor unggulan atau prioritas dalam menghadapi implementasi masyarakat ekonomi ASEAN pada tahun 2015 tersebut. Salah satu sektor yang diunggulkan Indonesia dalam menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN adalah sektor pemberantsan hama dan penyakit tumbuhan yang mencakup penelitian bahan organik yang dapat mengurangi populasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman di lahan pertanian Indonesia. Pemilihan sektor tersebut karena faktor kapasitas pengetahuan tentang pemuliaan tanaman di Indonesia masih minim sehingga memungkinkan para mahasiswa dari hama dan penyakit tumbuhan bisa memanfaatkan situasi tersebut sebagai batu loncatan untuk lebih mengenalkan produk Indonesia kepada negara ASEAN lainnya. Dengan memberikan pengetahuan tentang hama dan penyakit yang dapat menyerang tumbuhan, rakyat indonesia bisa lebih meminimalisirkan kemungkinan gagal panen yang disebabkan hama dan penyakit tersebut.

Namun demikian, sektor hama dan penyakit tumbuhan memiliki kendala dimana mulai bermunculan virus dan hama tanaman baru yang memiliki kekebalan yang lebih kuat dibanding hama dan penyakit yang sebelumnya. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan anorganik sebagai alat pembasmi hama dan penyakit yang diluar kewajaran. Apabila penggunaan bahan anorganik sebagai pestisida yang melebihi batas pemakaian yang seharusnya dapat menyebabkan hama dan penyakit yang yang terkena pestisida tersebut mengalami mutasi sehingga tidak akan dapat dibasmi lagi oleh pestisida yang sama. Dan disaat seperti itulah saat sektor hama dan penyakit tanaman mulai mengambil alih dengan mencari pestisida yang tepat dan apabila pestisida tersebut berhasil meminimalisirkan pengganggu tanaman yang ada maka produk olahannya tersebut segera dijual ke pasar bebas MEA.

Untuk itulah kita sebagai rakyat indonesia berjuang memajukan bangsa indonesia melalui MEA dalam bidang pemuliaan tanaman. Apabila kita dapat menciptakan inovasi terbaru dibidang pertanian, kita bisa mengangkat derajat indonesia dimata dunia terutama ASEAN lebih tinggi lagi. Demi meningkatkan sektor tersebut pemerintah juga harus berperan aktif didalamnya karena yang membiayai produksinya adalah pemerintah.dengan bergabungnya rakyat indonesia dengan pemerintah maka negara Indonesia akan dapat bersaing di MEA.




Daftar Pustaka

www.asean.org, Diakses pada 13 Oktober 2015 Pukul 14.14 WIB



- Copyright © Info Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -