Perfect World Online Spear Thingy
Posted by : Unknown Selasa, 01 Desember 2015


              Gulma OPT Bermanfaat

  



Organisme pengganggu tanaman adalah semua organisme yang dapat menyebabkan penurunan potensi hasil yang secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, gangguan fisiologi dan biokimia, atau kompetisi hara terhadap tanaman budidaya.
Hal ini mengakibatkan perlunya penanggulangan akan adanya serangan OPT karena perkembangan serangan OPT yang tidak dapat dikendalikan, akan berdampak kepada timbulnya masalah-masalah lain yang bersifat sosial, ekonomi, dan ekologi.
Salah satu organisme pengganggu tanaman yang perlu diwaspadai adalah Gulma. Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan. Hal ini  dikarenakan menurunkan hasil karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi melalui kompetisi. Salah satu kelompok gulma yang perlu diperhatikan adalah golongan cyperacceae. Salah satu kelompok Cyperacceae yang memiliki banyak manfaat yaitu Cyperus rotundus. Cyperus rotundus memiliki ciri-ciri yaitu rumput semu menahun dengan tinggi 10-95 cm, batang rumput berbentuk segitiga dan tajam, daunnya berjumlah 4-10 helai yang terkumpul pada pangkal batang, akar dengan pelepah daunya tertutup tanah, helaian daun berbentuk pita bersilang sejajar, permukaan atas berwarna hijau mengilat dengan panjang daun 10-30cm dan lebar 3-6 cm, memiliki allelopati yang mampu membunuh tumbuhan lainnya, dan memiliki umbi sebesar kelingking, bulat atau lonjong, berkerut atau bertekuk, bila diraba  agak  berduri.  Bagian  luar  umbi  berwarna  cokelat  dan  bagian  dalam  umbi berwarna putih, berbau seperti rempah-rempah, rasanya  agak pahit.
Cyperus rotundus banyak memiliki manfaat terutama di umbi dan akarnya. Hal ini dikarenakan dalam umbi dan akar mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siperenon, dan siperol. Adapun pemanfaatan umbi yang kaya khasiat diantaranya adalah sebagai bahan makanan yaitu umbi emping teki , tepung umbi teki sebagai bedak dingin beraroma menthol, berkhasiat pengusir nyamuk, obat herbal, seperti rebusan umbi teki bersama jahe berkhasiat mengatasi nyeri haid, mengatasi kejang perut, dan pelancar air seni; umbi segar yang digeprak kemudian diseduh dengan air panas dapat digunakan sebagai obat kencing batu, perangsang ASI, umbi yang ditumbuk dapat digunakan untuk perangsang ASI dan penghenti pendarahan rahim, Diuretik, umbi rumput teki yang diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa memperlancar buang air kecil.
Jadi intinya walupun ada banyak sekali OPT penyerang tanaman, tidak semua membawa keburukan. Pasti dari semua OPT ada yang bisa membawa manfaat tidak hanya bagi tumbuhan bahkan bagi manusia juga. Saya menganggap bahwa OPT tidak selamanya merugikan namun ada saatnya dimana OPT tersebut membawa manfaat dan bisa berguna bagi kehidupan saya.


Daftar pustaka
Haryanto, E, 2002, Organisme Pengganggu Tanaman. Jakarta:Penebar Swadaya.


- Copyright © Info Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -