Perfect World Online Spear Thingy
Posted by : Unknown Jumat, 13 Mei 2016



Teknologi Penyerang Perilaku Mahasiswa

Image result for otak mesin
Dewasa ini banyak sekali kejadian – kejadian yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Terutama pada kegiatan belajar mengajar tingkat lanjut, yaitu perkuliahan. Semua itu juga berhubungan erat dengan masuknya teknologi dan globalisasi ke dalam Indonesia.
Dengan masuknya teknologi, semua kegiatan menjadi lebih mudah. Seperti mencari bahan materi untuk perkuliahan dan mencari bahan untuk kesenangan semata. Dengan teknologi kita bisa berhubungan dengan teman dengan lebih mudah, dengan teknologi kita bisa lebih mudah mendapat informasi. Tapi tidak semua yang berhubungan dengan teknologi itu baik. Dari teknologi kita bisa menggunjing orang lain, kita bisa melihat sesuatu yang sebenarnya dilarang agama (sara), dan dengan teknologi kejahatan bisa saja terjadi. Apalagi dengan teknologi bisa merubah perilaku seseorang, terutama mahasiswa.
       Apabila seorang mahasiswa tersebut terlalu sibuk dengan gadgetnya, dia pasti jarang memperhatikan sekitarnya. Bahkan jika dia berjalan melewati dosen ada kemungkinan dia tidak akan menyapa dosen tersebut. Itu sangat merusak moral mahasiswa apabila penggunakan gadget terlalu berlebihan. Jika seperti itu terus maka mahasiswa tersebut akan kehilangan sopan santun dan norma – norma yang seharusnya sudah tertanam didalam hatinya. Belajar dalam universitas atau perguruan tinggi semacamnya akan sangat berbeda sekali dengan belajar dalam lingkungan sekolah menengah. Walau seperti itu, mahasiswa tetap dituntut untuk tetap bersikap reaktif namun arif, cepat tanggap, luwes, sopan, dan juga adaptif pastinya.
Adanya teknologi memiliki banyak kelebihan tapi memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan teknologi adalah membuat  mahasiswa mengurangi rasa sopan santun karena mereka lebih sering menghabiskan waktu di kamar dengan menatap layar komputer atau hp mereka. Akibatnya banyak waktu yang tidak dimanfaat dengan sebagaimana mestinya, waktu - waktu tersebut mereka pergunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Selain itu mereka kurang beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, akibatnya banyak yang kehilangan sopan santun dengan orang disekitarnya, dan hilangnya tata krama yang telah berkembang di masyarakat.
Berbeda sekali dengan mahasiswa pada  zaman dulu yang serba keterbatasan, namun keterbatasan tersebut menjadikan mereka mahasiswa yang ulet, cepat tanggap, tidak suka berdiam diri di kost atau kamar. Mereka akan lebih mudah berinteraksi dengan orang disekitarnya, hal itu dikarenakan tak jarang dari mereka membuat kelompok belajar untuk mengerjakan tugas, mencari bahan pratikum, karena pada saat belum maraknya internet dan perkembangan teknologi. Selain itu mereka akan mendapatkan banyak pengalaman di kehidupan sosial. Mereka juga akan menjadi saling menghormati antara mahasiswa lain, dosen, hingga orang disekitarnya karena mereka sadar betapa pentingnya hubungan antara sesama manusia.
 Walaupun teknologi yang saat ini mulai bermunculan dapat membantu tugas para mahasiswa. Namun sikap beberapa mahasiswa tidak menunjukan adanya kepedulian dalam ketepatan dan kecepatan dalam mengerjakan tugas kuliah. Menurut mereka untuk mengerjakan tugas kuliah bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan melihat dan mencari di “Google”. Namun kegiatan seperti itu bisa dibilang tidak bertanggung jawab, karena sama saja melakukan suatu kegiatan tidak dari hati. Dan bisa jadi dalam menghabiskan waktu mahasiswa tersebut melakukan kegiatan yang tidak berguna.
Tata Perilaku adalah tata cara dan aturan yang turun-temurun telah berkembang dalam suatu budaya masyarakat yang mengatur pergaulan antar individu maupun kelompok untuk saling pengertian, dan saling hormat - menghormati menurut adat yang berlaku. Tata perilaku mengandung nilai-nilai yang berlaku pada daerah setempat. Begitu juga pada tata perilaku seorang mahasiswa. Dimanapun dan kapanpun dia harus bisa menghormati dan bisa mengikuti peraturan disuatu daerah. Supaya dia bisa dihargai juga oleh masyarakat setempat.


Sumber :




- Copyright © Info Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -